Kuliah Kerja Nyata Tematik 2023 Universitas Cordova : Gotong Royong Kolaborasi Menjaga Kebersihan Desa Sekongkang Atas

Gotong Royong Peserta KKNT, dan Masyarakat Desa Sekongkang Atas

Kuliah Kerja Nyata Tematik Desa Sekongkang Atas, Kec. Sekongkang, Kab. Sumbawa Barat
14 – 15 Juli 2023

Di Desa Sekongkang Atas, semangat gotong royong tumbuh kuat di setiap warganya. Dalam upaya mewujudkan Desa Sekongkang Atas sebagai desa mandiri di Kabupaten Sumbawa Barat, warga berbagai lapisan bersatu padu dalam kegiatan gotong royong.

Setiap akhir pekan, warga berkumpul di sekitar rumah-rumah untuk berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong. Mereka membersihkan lingkungan, membersihkan saluran air, dan merenovasi infrastruktur desa. Setiap orang dengan ikhlas memberikan tenaga, waktu, dan keahlian mereka demi kemajuan desa.

Gotong royong juga menjadi momen berharga bagi para mahasiswa dari Universitas Cordova yang terlibat dalam Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT). Mereka belajar dan berkontribusi bersama masyarakat, membantu merencanakan program pengembangan ekonomi desa, serta memberikan pelatihan dan konsultasi bagi pelaku usaha lokal.

Dengan semangat kebersamaan dan kepedulian, warga Desa Sekongkang Atas semakin menyadari potensi sumber daya yang dimiliki. Mereka menggali potensi lokal, mengembangkan kerajinan tangan, serta memanfaatkan potensi pariwisata lokal untuk meningkatkan ekonomi desa secara berkelanjutan.

Selain gotong royong sekitaran rumah warga, peserta KKNT juga memberikan kontribusi dengan semangat gotong royong di area Masjid Jami’ Baitul Gofur. Bersama-sama, mereka membersihkan, merawat, dan memperbaiki fasilitas masjid untuk menciptakan lingkungan ibadah yang lebih indah, nyaman, dan terawat. Kolaborasi ini menjadi cerminan komitmen KKNT Universitas Cordova dalam mendukung kemajuan komunitas dan meningkatkan nilai spiritualitas di Desa Sekongkang Atas.

Melalui kegiatan gotong royong dan kolaborasi antara warga dan mahasiswa KKNT, Desa Sekongkang Atas semakin kokoh dalam menghadapi tantangan untuk menjadi desa mandiri. Dalam perjalanan menuju cita-cita tersebut, semangat gotong royong menjadi pendorong utama bagi masyarakat, dan harapan bersama tumbuh lebih besar untuk mewujudkan masa depan gemilang bagi Desa Sekongkang Atas di Kabupaten Sumbawa Barat

 

 

whatsapp
whatsapp